ANALISIS MENURUNNYA PRODUKSI AIR TAWAR PADA FRESH WATER GENERATOR DI MV. SALINDO PERDANA I
OLEH
ARDIANSYAH AB
NIT: 07.32.009
JURUSAN TEKNIKA
POLITEKNIK ILMU PELAYARAN
MAKASSAR
2011
ANALISIS MENURUNNYA PRODUKSI AIR TAWAR PADA FRESH WATER GENERATOR DI MV. SALINDO PERDANA I
Skripsi
Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Menyelesaikan Program Diploma IV
Jurusan
Teknika
Disusun dan Diajukan Oleh
ARDIANSYAH AB
NIT : 07.32.009
Kepada
POLITEKNIK ILMU PELAYARAN (PIP)
MAKASSSAR
2011
SKRIPSI
ANALISIS MENURUNNYA PRODUKSI AIR TAWAR PADA FRESH WATER GENERATOR DI MV. SALINDO PERDANA I
Disusun dan Diajukan Oleh :
ARDIANSYAH AB
NIT : 07.32.009
Telah Diseminarkan dan Dipertahankan Didepan Panitia Ujian Skripsi
Pada Tanggal 31 Oktober 2011
Dan Dinyatakan Telah Memenuhi Syarat
Menyetujui Komisi Pembimbing | |
ALBERTO RIMA, S.Si.T., M.Mar.E, M.A.P Ketua | AHMAD FAUZI,SS.,M.Sc Anggota |
DIREKTUR POLITEKNIK ILMU PELAYARAN MAKASSAR Capt. MARIHOT SIMANJUNTAK, M.M NIP. 19661110 199803 1 002 |
Ardiansyah AB., 2011. Analisis Menurunnya Produksi Fresh Water Generator Di Atas kapal MV.Salindo Perdana I (dibimbing oleh Alberto Rima, dan Ahmad Fauzi).
Fresh Water Generator diatas kapal merupakan salah satu permesinan bantu yang dapat mengubah air laut menjadi air tawar melalui proses penyulingan yaitu, penguapan di dalam evaporator dan pengembunan didalam condenser. Pesawat ini memiliki peranan sangat penting dalam kelancaran pengoperasian kapal, dimana dalam pengoperasian kapal tidak terlepas dari kebutuhanakan air tawar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hal-hal yang menyebabkan menurunnya produksi Fresh Water Generator(Nurdin, H, 2000).
Penelitian ini dilaksanakan ketika penulis melaksanakan praktek laut (prala) diatas kapal MV. SalindoPerdana I milik perusahaan Lintas Samudera. yakni dari tanggal 07 November 2009 sampai dengan 30 November 2010. Sumber data yang diperoleh adalah data yang didapatkan langsung dari tempat penelitian dengan metode observasi dan juga metode kepustakaan berupa dokumen-dokumen, instruction manual book serta buku-buku yang berkaitan dengan judul skripsi.
Hasil yang di peroleh dari penelitian ini adalah penyebab adanya gangguan penyerahan panas pada Fresh Water Generator di karenakan berada dilokasi air laut yang kotor dan mengandung kadar garam yang sangat tinggi yang menimbulkan kerak dan korosi sehingga tidak mencapai penyerahaan panas yang normal untuk mencapai hasil yang normal.
Ardiansyah AB.,2011.Analysisof the decreaseadfresh water production from Fresh Water Generator on board M.V. SalindoPerdana I. (Supervised by Alberto Rima and Ahmad Fauzi).
Fresh Water Generator is an auxiliary machinery which convert sea water to be fresh water through distillation process by evaporating the sea water inside an evaporator and condensed the vapors in a condenser. This machine is important in the ship’s operation, since the fresh water is always needed on board. The aim of this research is to find the factors causing decreasing production capacity of the Fresh Water Generator(Nurdin, H. 2000).
This research was carried out on board M.V. SalindoPerdana I, owned by PT.Lintas Samudera, from 07th of November 2009 until 30rd November 2010. The data was obtained directly in the research field by observation menthod and variousliterature such as ship’s documentation, instruction/manual books and other references which are related to the tittle of this research.
The result of this research shows that the cause of heat exchange problem in the Fresh Water Generator is because the ship was in a dirty sea and contained high salinity which built the rust and corrosion in the machine and caused the abnormal heat axchage and abnormal fresh water production.
KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT oleh karena limpahan berkat dan rahmatnya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan skripsi ini dengan judul ” ANALISIS MENURUNNYA PRODUKSI AIR TAWAR PADA FRESH WATER GENERATOR DI ATAS KAPAL MV. SALINDO PERDANA I “.
Skripsi ini merupakan salah satu persyaratan bagi taruna jurusan Teknika dalam menyelesaikan studinya pada program Diploma IV di Politeknik ilmu Pelayaran Makassar. Tujuan penulisan skripsi ini untuk mengaplikasikan pengetahuan teori yang diperoleh dalam pendidikan dan pengalaman selama melaksanakan praktek di atas kapal dalam penyelesaian masalah yang timbul sesuai pengetahuan penulis.
Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar - besarnya kepada :
1. Bapak Capt. Marihot Simanjuntak, MM selaku Direktur PIP Makassar.
2. Bapak Capt. Marthen Todingan Sp.1 selaku pembantu Direktur 1
PIP Makassar
3. Bapak Abu Bakar,MT.,M.Mar.E selaku Ketua Jurusan Teknika.
4. Bapak Alberto Rima, S.SiT., M.Mar.E, M.A.P sebagai Pembimbing Materi
5. Bapak Ahmad Fauzi,SS.,M.Sc sebagai Pembimbing Teknik
Seluruh Dosen dan Staf Pembina PIP Makassar
6. Nakhoda beserta Chief Engginer dan seluruh Crew kapal MV. SALINDO PERDANA I yang telah memberikan bantuan dan bimbingan selama penulis melaksanakan proyek laut
7. Seluruh taruna(i) Politeknik ilmu Pelayaran Makassar dan seluruh pihak yang turut membantu dalam penyelesaian skripsi ini
8. Teristimewa kepada kedua orang tua, kakak yang tercinta yang selalu mendoakan dan memberikan dukungan baik moril maupun materi dalam mewujudkan cita-cita penulis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar